smp 3 cipunagara


Sejarah smpku


Menurut letak geografis SMP Negeri 3 Cipunagara berada di daerah pedesaan, tepatnya di Desa Sidajaya yang berjarak kurang lebih 5 km dari Kota Kecamatan dan kurang lebih 26 km dari Kota Kabupaten. Desa tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu dengan sungai Cipunagara sebagai batasnya.
Lokasi SMP Negeri 3 Cipunagara berdekatan dengan Kantor Desa Sidajaya dan Desa Sidamulya. Di kedua Desa tersebut terdapat 6 Sekolah Dasar (SD) dan 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang lulusannya melanjutkan ke SMPN 3 Cipunagara di tambah SD dari desa perbatasan yang sebagian siswanya melanjutkan sekolah ke SMPN 3 Cipunagara juga.
Kondisi ekonomi, sosial, kultur dan tingkat pendidikan masyarakat Cipunagara sangat beragam, hal ini sangat memungkinkan kondisi siswa di SMP Negeri 3 Cipunagara heterogen dan berpengaruh terhadap kondisi pembelajaran di sekolah, serta daya dukung terhadap proses pembelajaran.
Pada awalnya SMPN 3 Cipunagara (dulu SLTP) adalah sebagai sekolah filial (kelas jauh) dari SMPN 1 Cipunagara, yaitu dari tahun 1997 s.d 2002. Untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar diselenggarakan pada siang hari dan sebagai tempat penyelenggaran KBM di gedung SDN Mundinglaya, SDN Mekarjaya, dan SDN Tanjung IV secara berpindah-pindah. Pada akhir tahun pelajaran 2001/2002 baru ditugaskan kepala sekolah pertama yaitu Bapak Drs. Danggi Sudarisman. Pada tahun 2004 pelaksanaan KBM mulai dilaksanakan di lokasi Unit Sekolah Baru (USB) sampai dengan sekarang dan penyelenggaraannya dilaksanakan pagi hari.
Sejak penyelenggaraan proses belajar mengajar di lokasi bangunan sendiri (USB) dan dilaksanakan pagi hari, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMPN 3 Cipunagara sudah cukup efektif, walaupun masih memerlukan peningkatan-peningkatan terutama saat ini dalam melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kurikulum 2006) SMP Negeri 3 Cipunagara secara utuh.
Sebagai lembaga pendidikan formal SMPN 3 Cipunagara tentunya memiliki beberapa komponen terutama manusia sebagai perlaksana di dalamnya. Saat ini, SMPN 3 Cipunagara dipimpin oleh kepala sekolah yang cukup senior dan berpengalaman luas, berpendidikan S.2 dan berdomisili di wilayah Cipunagara, sehingga mudah untuk berkomunikasi.
Demikian halnya dengan tenaga pengajar, jumlah guru saat ini sebanyak 18 orang, yang berpendidikan S1 berjumlah 15 orang, dan yang masih menempuh kuliah S1 semester akhir 3 orang. Walaupun belum memadai dari segi jumlah guru dari keharusan ideal, tetapi mampu melaksanakan tugasnya dengan baik yaitu 80 % sesuai antara mata pelajaran yang diajarkan dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki guru tersebut, dan mereka sebagian besar berdomisili di wilayah Kecamatan Cipunagara dan sekitarnya.
Tenaga Administrasi/Tata Usaha belum memadai baik dari status kepagawaian maupun dari jumlah personil, sehingga ada beberapa komponen kegiatan yang seharusnya dilakukan/dipegang oleh tenaga Tata Usaha masih dipegang oleh beberapa guru sebagai tugas tambahan, seperti halnya pustakawan, laboran dan bendaharawan. Saat ini jumlah tenaga tata usaha mempunyai 5 personil, walupun kompetensinya kurang tetapi mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan pembagian tugas masing-masing.

0 Response to "smp 3 cipunagara"

Posting Komentar